Kawah Putih

Kawah Putih adalah sebuah daerah wisata di Daerah Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat. Kawah Putih adalah sebuah kawah yang terdapat di puncak Gunung Patuha, kawah ini digenangi oleh sumber mata air yang turun mengalir kearah kawah sehingga kawah terisi air dan membentuk sebuah danau yang airnya hangat. Permukaan kawah pada umumnya berbatu dan pasirnya berwarna putih sehingga dikenal dengan sebutan sebagai Kawah Putih.
Kawah Putih terbentuk dari letusan Gunung Patuha pada abad X dan abad XII.

Kawah Putih terkenal akan keindahannya yang mempesona dan eksotis sehingga akan membuat terkagum-kagum bagi siapapun yang datang mengunjunginya.
Gunung Patuha mempunyai ketinggian 2.434 meter diatas permukaan air laut dan ketinggian Kawah Putih adalah 2.194 meter diatas permukaan air laut. Temperatur udara di waktu pagi di puncak Gunung Patuha adalah cukup dingin yaitu berkisar antara 15 ºC sampai 20 ºC.

Untuk melindungi diri dari udara dingin adalah perlu untuk membawa jaket yang tebal atau baju hangat, penutup kepala, kaos tangan, syal untuk penghangat leher serta bekal makanan dan minuman secukupnya.
Bawalah masker atau penutup hidung jika alergi terhadap bau belerang karena kadang-kadang bau belerang tercium sangat menyengat.

Di dekat pintu masuk terdapat beberapa saung, sehingga kita dapat beristirahat dengan rileks dengan suasana yang tidak pernah kita dapatkan di kota-kota besar. Harga tiket masuknya cukup murah, Rp 3.500 / orang, ditambah Rp 3.000 untuk mobil. Disekitar pintu gerbang masuk Kawasan Wisata Kawah Putih tersedia villa-villa yang bisa disewa oleh wisatawan. Tidak jauh dari Kawah Putih tersedia tempat parkir yang luas, transportasi transit ke kawah, mushala, pusat informasi, warung makan, kios-kios cinderamata, pedagang buah strawberry.

1 comments:

surya maulana said...

aku mau kesana iih

Post a Comment