Telaga Sarangan

Telaga Sarangan yang juga dikenal sebagai telaga pasir ini adalah sebuah telaga alami yang terletak di kaki Gunung Lawu, di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.Berjarak sekitar 16 kilometer arah barat kota Magetan. Telaga ini luasnya sekitar 30 hektar dan berkedalaman 28 meter. Dengan suhu udara antara 18 hingga 25 derajat Celsius, Telaga Sarangan mampu menarik ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya.

Sepanjang perjalanan menuju sarangan kita akan disuguhi pemandangan yang indah, berupa terasering atau kebun sayur mayur yang nampak segar.

Berkeliling seputar telaga bisa menggunakan motor boot dan becak air yang berbentuk bebek. Sekitar jalan terdapat kios-kios yang menjual bermacam-macam souvenir. Terutama buah dan sayur karena Sarangan terletak di dataran tinggi.

Dekat dengan Telaga Sarangan, ada pintu masuk menuju air terjun. Ada tiga buah air terjun yang dapat Anda kunjungi di sini yaitu air terjun Watu Ondo, Pundak Kiwo, dan Jarakan. Di dekat pintu masuk salah satu air terjun ini, ada bekas pesawat yang dijadikan monumen mengingat Kabupaten Sarangan bertetangga dengan Kota Madiun yang adalah Pangkalan Utama AURI.

Jika ingin menginap, tersedia penginapan dari kelas melati sampai vila yang mewah. Harga berkisar dari 50ribuan sampai ratusan ribu. Namun jangan heran apabila di saat liburan harga akan melonjak tinggi.

Di sekitaran jalan pinggir telaga banyak yang menjual makanan, yang paling utama adalah sate kelinci yang harganya saat ini adalah Rp.10.000,-

Dari Telaga Sarangan, jika Anda menuju arah barat atau Jawa Tengah, Anda akan menemukan Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, yang terkenal dengan wisata alam Grojogan Sewu. Sedangkan jika menuju timur, Anda dapat mampir ke Kota Madiun membeli oleh-oleh khas Madiun seperti brem dan sambal pecel yang lezat.

1 comments:

Alam adalah Keagungan Mu said...

wah enak pastinya main ke Sarangan banyak obyek wisatanya lagi..

Post a Comment