Teman bertanya, "Kenapa babi haram ?"

Kasus flu babi membuat banyak orang kawatir, meskipun virusnya 10x lebih rendah dr flu burung tetap saja banyak banget korbannya. Gara2 kasus ini, beberapa waktu lalu ada teman non muslim (sebut saja Abang) yg bertanya. Ya awalnya saya jawab santai, tapi karena dia begitu serius akhirnya jadi seriuslah pembicaraannya. Singkat ceritanya begini..

Abang : Ih jadi serem mau makan babi lagi, bnyk bgt korbannya paraah... (dia suka skali daging babi)

Saya : Emang kenapa ? Kata kamu enak..

Abang : Iya enak, tapi di blakang rumah aku abis ada yg meninggal gr2 flu babi.

Saya : Oh y udah g usah makan babi lagi, lagian kan haram hehe..

Abang : Eh iya ya di islam kan gak boleh, btw knp haram sih?

Saya : Babi tu jorok apalagi ada cacing pitanya di dagingnya (geuleuh pisan)

Abang : Tapi aku sehat2 aja tuh, lagian lele juga jorok kan? Trus ikan2 lainnya yang d empang makan kotoran tu apa bedanya coba..

Saya : iya juga sih ( gak doyan lele soalnya) hehe

Abang : Trus apaan dong? (maksa)

Saya : Jadi gini ya,dulu aku penasaran juga trus tanya ke ustad dan kebetulan dia jg dokter, berdasarkan Ilmu kedokteran udah diperiksa di lab ada resiko besar atas banyak macam penyakit. Babi diketahui sebagai inang dari banyak macam parasit dan penyakit berbahaya. Trus yang perlu kamu tau yaa, gen kromosom daging babi itu bener2 mirip ama manusia, bahkan katanya monyet yg hampir sama spt manusia aja kalah mirip..

Abang : Hiiiiiiii, masa sih?? waduw rasanya daging manusia kayak babi dong? (mukanya mulai aneh)

Saya : yaa mungkin, gak pernah mkn smuanya sih hehe... (kurang suka daging juga sih,kasiaan amat)

Abang : Aduh yang bener sih kamu ni, pikir2 lagi deh kalo makan babi, merinding nih.. (mukanya bertambah aneh karena dia orgnya juga jijikan hehe)

Saya : hehe..... (ketawa geli ngliat tingkahnya)

Trus gak disangka udah lewat seminggu dr pembahasan babi ini,dia tiba2 ngebahas lagi. Waduw, mesti jawab apalagi ni pikirku.. kan aku belum ahli menjelaskan.

Abang : eh ly.., aku tau kenapa babi haram.. ih serem ih.

Saya : oh yaa? apalagi ni..??

Abang : Kemarin gak sengaja liat acara Rahasia Sunah yg d T*****

Saya : widih? emang ngebahas apaan? (kaget juga dia non muslim soalnya tapi msh mau liat acara muslim)

Abang : iyaaa, jadi bener babi tu kromosomnya bs diblg sama ama manusia, jadi dibahasnya kmrn sama aja kanibal brarti kalo makan babi.. (muka gak rela gitu gak mau makan babi lagi)

Nah begitulah singka critanya, yaa sebenernya masih banyak yg dibicarain tapi, intinya pingin share aja kalo ada temen yang nanyain kenapa babi tu haram, awalnya sedikit deg2an mau ngejelasin takut salah omong. Alhamdulillah g knp2 coz dia orangnya baik..




5 comments:

achmad taher said...

Sebelumnya saya mohon maaf bila pendapat saya salah, Bahwa dalam Islam seorang muslim wajib mentaati apa yang dilarang dan apa yang dihalalkan, sbg tanda bukti kita taat. Jadi bukan atas dasar kenapa itu dilarang dan dihalalkan. Masalah babi mengandung zat2 membahayakan karena memang babi adlh bntg plg jorok diantara bntg lainnya. Semua agama samawi baik Yahudi, nasrani dan Islam sepakat bahwa babi lambang kebusukan dan kenajisan. Ini adalah dalil kenapa Islam mengharamkan babi :
"Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang disebut selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa sedang dia tidak menginginkannya dan tidak melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al-Baqarah: 173)
wah...kepanjangan deh...
Wallahu'alam bishshowab !

taris said...

saya muslim kalau agama bilang babi itu haram ya haram nggak perlu dicari alasannya kenapa haram, karena Allah maha tahu.
Btw, thank's infonya

♥ria♥ said...

aku juga ga prnah tau kenapa Babi itu haram
tapi karena sudah ketentuan haram jadi ga pernah sentuh deh ^__^ ;))

Uliehaq said...

wah alhamdulillah sempet balas komen lg..
wah temen2 mantap2lah yaa komennya..
ok.aku setuju..
qta sbg muslim hrs taat apa yg udah diperintahkan, sebenernya disini cm mau share info aja sih klo tmen aku yg keingintahuannya begitu mendalam walo dia sdh tau di islam haram, drpada ngotot2an jadi dijelaskan logisnya aja sampai dia mengerti, coz sgala sesuatu yg diharamin pasti ada alasannya yak, nah mungkin ini slh satunya..
btw, makasih banyak yaa sdh bersedia komen2, yg mau berkritik saran sok atuh..
makasii banyak teman2ku.. ;)

zha said...

makasih ya udah di jelasin lebih ditail, jadi kalo ada yang nanya bisa jawab dengan bener kan ga lucu kalo kita kasih tau orang tapi kita ga tau jawaban'a apa . .

Post a Comment